Tipe Investor manakah Anda?

Tipe investor yang manakah anda?

investasi adalah mengorbankan aset atau modal yang dimiliki sekarang untuk memperoleh keuntungan (return) di masa mendatang.
investasi dapat dilakukan oleh berbagai macam orang, tanpa melihat status ataupun hal-hal yang lain.
dalam melakukan investasi, tujuan utama adalah mendapatkan nilai yang lebih di masa depan dibandinkan niai yang sekarang, oleh karena itu perlu diketahui dan dipahami tipe investor seperti apakah kita agar tidak terjebak ke dalam bujukan atau tingginya potensi return yang didapat.
sebelum memulai investasi, seorang investor yang baik harus mampu mengenali dirinya sendiri, agar dapat dengan bijak memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan investor.

pada umumnya investor dibagi menjadi 3 :
1. Risk Averse (konservatif)
tipe ini lebih memilih resiko yang kecil bahkan menghindari segala bentuk resiko yang ada da cenderung tidak ingin kehilangan apapun dari nilai pokok investasinya.
tipe seperti ini akan lebih memilih jenis investasi berpendapatan tetap dgn return yang kecil
cth : tanah, properti, dana pensiun, deposito

2. moderat
tipe ini dapat lebih mentolerir potensi resiko yang ada, tanpa takut untuk menghadapi suatu resiko, namun belum mempunyai keberanian kehilangan seluruh atau sebagian nilai pokok investasi.
tipe ini lebih memilih in jenis investasi dgn return yang relatif menengah dengan pertumbuhan portofolio yang stabil
cth: reksadana , sebagian kecil saham

3. risk taker (agresif)
tipe ini menyukai resiko yang relatif tinggi karena berpotensi mendapatkan return yang juga lebih tinggi dan dan mereka mempunyai keberanian kehilangan sebagian besar bahkan seluruh nilai pokok investasi
tipe ini tidak khawatir terhadap fluktuasi pasar dan prinsipnya adalah High risk = High return
cth : saham, obligasi

tipe invstor ini biasanya sangat berpengaruh kepada jumlah dana yang dimiliki, umur, maupun latar belakang pendidikan
jadi anda memilih instrumen investasi yang sesuai dengan anda, jangan selalu tergiur dengan iming-iming return yang tinggi, karena pasti terdapat resiko yang besar dan tidak dapat dibayangkan.
setelah anda mengetahui tipe yang mana, bukan berarti anda harus dan tetap berjalan di instrumen yang itu-itu saja anda dapat juga mencoba bebagai instrumen yang lain.
berinvestasi sangatlah menyenagkan dan menguntungkan, tidak ada yang susah, yang perlu dilakukan hanyalah belajar dan melakukannya, malas? ada banyak manajer investasi yang siap mengelola keuangan anda!
selamat berinvestasi..

“The only constant is change, continuing change, inevitable change, that is the dominant factor in society today. No sensible decision can be made any longer without taking into account not only the world as it is, but the world as it will be”
— Isaac Asimov

“economics for non economics”
rianhafiz2008

Tinggalkan komentar